Tongkang Yang Hilang Telah Ditemukan, KSOP Minta Jasa Pelayaran Tidak Beroperasi Saat Cuaca Ekstrim

- Selasa, 14 Maret 2023 | 12:02 WIB
Tongkang Yang Hilang Telah Ditemukan, KSOP Minta Jasa Pelayaran Tidak Beroperasi Saat Cuaca Ekstrim (istimewa )
Tongkang Yang Hilang Telah Ditemukan, KSOP Minta Jasa Pelayaran Tidak Beroperasi Saat Cuaca Ekstrim (istimewa )

Wartanet News - Pontianak Pelaksana Harian (PH) Kasi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli (KBPP) KSOP Kelas II Pontianak Salim, SH mengatakan hilangnya kapal tongkang yang dilaporkan pemilik tongkang kini sudah diketemukan. "Tongkang tersebut hilang karena terbawa arus deras diperairan", jelas Salim, Selasa (14/03/23).

Menurut Salim tongkang tersebut ditemukan diperairan Karimata kepulauan Riau setelah dilaporkan enam hari lalu oleh pemiliknya. " Tongkang tersebut sebut saat dalam perjalanan dalam keadaan kosong. Tongkang tersebut mau arah ke Tambelan ", ungkap Salim.

Baca Juga: Berikan Pengamanan Pada Aksi Damai, Kapolsek Ingatkan Agar Tidak Anarkis

Salim mengatakan sejak dilaporkan pemilik kehilangan tongkang, pihaknya sudah membuat notes ke jaringan pelayaran dan pengawas pantai melalui telegram, radio dan semua jasa pelayaran. " Kalau di perairan solidaritas mereka cukup tinggi", ungkap Salim.

Hanyutnya tongkang tersebut menurut Salim karena faktor cuaca yang cukup ekstrim. "Angin sangat kencang sekali saat itu, sementara orang yang ada di tugboat, menyelamatkan diri ke darat", ujar Salim.

Baca Juga: Kapolsek Kuala Behe Pantau Banjir, Himbau Warga Agar Tetap Waspada

Salim menjelaskan tongkang tersebut milik PT. Baka. " Pemiliknya bernama Aseng", jelas Salim,

Salim menghimbau agar para jasa angkutan pelayaran tidak beroprasi disaat cuaca ekstrim. Sebab akan membahayakan keselamatan mereka. Jangan dipaksa berlayar saat cuaca tidak memungkinkan" , ujar Salim.

"Kamipun tidak akan memberikan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) kepada pemilik atau pengguna jasa perairan bila cuaca ekatrim. Bila melanggar dan tetap berlayar sanksi dari kami cukup keras", ujarnya.

Baca Juga: Ketua DPW PWDPI Kalbar Menghadiri Rapimnas Ke-1 di Bandar Lampung

" Harapan kedepan KSOP untuk naik ke Kelas I akan meningkatkan penerapan hukum dilaut bisa terkaksana semaksimal mungkin. Kedepan kami akan selalu meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi", jelas Salim

Editor: Rahmad. S

Sumber: Buyung

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X